minat karir di era teknologi informasi

 

Artikel data




Minat karir di era teknologi informasi

Jessica Giovanni Prastya

D4 Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya,60231, Indonesia

 

 

Article Info                                       

Article history:                        

Received 5 Februari 2020

Revised 17 Maret 2020

Accepted 18 Maret 2020

Kata kunci: Minat karir/ Tren/ teori/ Belanda/ RIASEC

Oleh: Pudar, F. Danardana Murwani, Imanuel Hitipeuw, Hetti Rahmawati

          (Universitas Negeri malang)

Link Artikel: https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105480

Reviewer: Jessica Giovanni Prastya

Nim        : 24091437006

Tanggal: 30/08/2024


Abstrak

Berbagai sektor telah mengalami perubahan besar dalam lanskap karir sebagaiakibat dari era teknologi informasi (TI). Ini disebabkan oleh kemajuan pesatdalam teknologi digital, kecerdasan buatan, dan big data, yang menghasilkanpilihan karir yang terus berkembang dan beragam. Artikel ini mengeksplorasitren terbaru, peluang karir, dan tantangan yang dihadapi oleh para profesionaldi bidang ini, antara hal-hal lain yang memengaruhi minat karir di era TI. Bagaimana TI membentuk karir masa depan dan bagaimana orang dapat memanfaatkan peluang saat ini adalah tujuan penelitian ini.

1.Pendahuluan

Hampir setiap aspek kehidupan manusia dan pekerjaan telah diubah oleh erateknologi informasi. Ini telah menciptakan peluang karir baru dan menuntutpeningkatan keterampilan. Karena digitalisasi dan otomatisasi yang semakin meningkat, penting untuk memahami bagaimana minat karir di bidang TI berkembang, apa yang mendorong minat tersebut, dan tantangan apa yang mungkin dihadapi oleh profesional TI di masa depan.

2.Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan berbagai pendekatan, seperti:
> Studi Literatur: Menganalisis laporan industri, artikel ilmiah, dan publikasi terkait untuk menentukan tren dan persyaratan karir TI.

> Survei dan kuesioner: Mengumpulkan data dari profesional TI dan calon karir tentang minat, keterampilan, dan tantangan yang mereka hadapi. Pertanyaan tentang kepuasan kerja, area minat, dan harapan karir juga dapat dimasukkan dalam kategori ini.

> Wawancara: Wawancara pengusaha, pendidik, dan ahli industri untuk mengetahui kebutuhan keterampilan, tren industri, dan peluang karir.

> Analisis Data: Melakukan analisis statistik dan tematik dari data yang dikumpulkan untuk memahami pola dan hubungan antara elemen yang mempengaruhi minat karir TI.

 

3.Hasil dan Pembahasan 

Beberapa tren utama di industri dan dunia kerja telah mengubah minat karir di era teknologi informasi (TI). Hasil diskusi tentang tren terbaru ditunjukkan di bawah ini:

Transformasi Digital: Perubahan digital telah menjadi pendorong utama bagi minat karir di bidang TI. Banyak perusahaan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing, meningkatkan permintaan untuk profesional TI yang dapat mengelola, mengembangkan, dan menerapkan teknologi digital. Peran seperti manajer TI, analis sistem, dan konsultan transformasi digital menjadi semakin penting.

Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin: Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin sangat diminati, dan banyak organisasi berinvestasi dalam teknologi ini untuk mengotomatisasi proses, mengembangkan produk baru, dan menganalisis data. Profesional yang memiliki kemampuan

 

4.Kesimpulan

 Era TI telah membuka banyak peluangkarir yang menarik dan menantang. Untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mengatasi tantangan yang ada, orang dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dan sukses dalam industri TI yang terus berkembang ini dengan memahami tren terkini, peluang, dan tantangan yang ada di sana. Mempelajari terus-menerus, beradaptasi dengan perubahan teknologi, dan memahami masalah etika akan sangat penting untuk sukses di masa depan dalam karir TI. 

Terima Ucapan Kasih

Terima kasih kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga lembaga yang telah bersedia untuk dilakukannya penelitian

Referensi

[1] JL Holland, Membuat Pilihan Kejuruan: Teori Kepribadian Kejuruan dan Lingkungan Kerja, (edisi ke-3rd), Sumber Daya Penilaian Psikologis, Odessa, FL, AS, 1997.

[2] JW Creswell, JD Creswell, Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran, edisi ke-5, Sage Publications, Inc., Los Angeles, 2018.

[3] C.-.E. Särndal, B. Swensson, J. Wretman, Pengambilan Sampel Survei Berbantuan Model (Seri Springer dalam Statistik), Springer, New York, 2003.

[4] JW Creswell, Penelitian Pendidikan: Merencanakan, Melaksanakan, dan Mengevaluasi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, 4, edisi ke-4, Pearson Education, Inc., Boston, 2012.

 

Komentar